MANFAAT JANTUNG PISANG

Jantung Pisang


COOKING CLASS SMP TAMAN DEWASA PRIGEN

BY : CHEFF GURU

Banyak diantara kita yang tidak mengetahui akan manfaat jantung pisang. Jantung pisang selain dapat diolah menjadi aneka makanan. Harganya sangat murah, tapi jarang dilirik orang. Seperti halnya dengan buah pisang , ternyata  jantung pisang juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat jantung pisang selain  harganya yang tidak mahal ? perhatikan uraian berikut ini.

Morfologi

Tanaman pisang (Musa paradisic),  banyak kita jumpai tanaman pisang di Indonesia dan bagian-bagain tubuhnya dapat dimanfaatkan . Mulai daun, buah, bunga hingga batangnya. Bagian yang dapat diolah sebagai sayur  yaitu bagian bunganya atau yang dikenal dengan jantung pisang .

Tinggi pohon pisang sekitar 1 sampai 2 meter. Bentuk daunya besar dan lebar, memiliki buku-buku dengan permukaan halus berwarna kehijauan . Buahnya bergerombol dengan bunga berwarna merah ungu.

Budidayanya sangat muda serta cepat menghasilkan buah, membuat  tanaman ini sering kita jumpai mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah, di lahan khusus maupun kebun atau halaman rumah.

Indonesia merupakan  salah satu Negara  penghasil pisang terbesar di dunia. Daerah penghasil pisang terbesar berada di pulau  Jawa. Jenis buah yang dihasilkan pun beragam, bahkan  ada beberapa jenis buah pisang diberi nama berdasarkan tempat asalnya seperti pisang ambon, pisang lampung dan lainnya.

Manfaat dan Kandungan Gizinya

Pada dasarnya jantung pisang kurang dikenal bahkan sering dianggap limbah dan dibuang begitu saja. Tidak populernya jantung pisang tersebut disebabkan banyak orang yang tidak tahu akan kandungan gizi dan manfaat dari sayuran ini.

Menurut ahli Teknologi Pangan dan gizi Institut Pertanian Bogor, jantung pisang mengandung karbohidrat, protein, mineral( terutama fosfor, kalsium dan besi)maupun vitamin seperti beta karoten, vitamin B1 dan vitamin C. Sebagai sayur, jantung pisang juga mengandung serat pangan sangat bermanfaat, antara lain :

·    Memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat mencegah obesitas.

·    Mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energy semakin sedikit dan baik bagi penderita diabetes.

· Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pergerakan usus besar.

· Mengikat lemak dan kolesterol yang kemudian dikeluarkan melalui feses.  

·   Mengurangi resiko penyakit jantung dengan demikian , jantung pisang seharusnya menjadi salah satu bahan yang patut  lebih dipertimbangkan sebagai sayuran yang dapat divariasikan dalam menu sehari-hari, bahkan dapat dijadikan sebagai alternative makanan untuk para vegetarian karena seratnya yang cukup memadai. Bila dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan , jantung pisang  dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

·    Sedangkan rasa sepat pada jantung pisang disebabkan oleh zat tanin yang terkandung didalamnya . Seperti halnya zat tanin yang terdapat dalam daun teh, zat tersebut dapat memberikan rasa tenang dan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Mengolah Jantung Pisang

Makanan dari Jantung Pisang

Masakan lezat tak hanya dapat dibuat dari bahan yang mahal. Jantung pisang pun dapat diolah menjadi masakan istimewah, tergantung bagaimana cara mengolahnya.

Saat ini banyak masyarakat yang memanfaatkan jantung pisang untuk dijadikan produk-produk makanan sebagai alternative pengganti daging karena harganya memadai. Di Cimahi, Bandung, jantung pisang diolah menjadi dendeng dan menjadi makanan khas daerah tersebut. Di Yogyakarta, beberapa mahasiswa berhasil menciptakan bakso yang terbuat dari jantung pisang dan rasanya tak kalah lezat dengan bakso sapi lainnya.

Bagaimana cara memilih dan mengolah jantung pisang yang benar agar rasa sepat nya hilang atau berkurang ? Pertama-tama dengan mengetahui jenis jantung pisang yang lazim sering dijual dan digunakan ialah bersasal dari pisang kepok, klutuk atau batu dan pisang siam. Jantung pisang yang paling enak dikonsumsi yaitu dari jenis pisang klutuk atau batu. Jantung pisang Jenis ini sering dimakan mentah dan dijadikan lalapan khususnya bagi masyarakat Jawa barat.

Jantung pisang memiliki getah yang sulit dihilangkan . Olah karena itu ketika memotong , sebaiknya gunakan pisau yang telah diolesi dengan minyak goreng agar tidak lengket.

Cara menyiapkan jantung pisang sebelum diolah, yaitu dengan :

Membuang bagian kulit luarnya yang berwarna merah dan bertekstur kasar sampai ke bagian dalam yang berwarna putih kemerahan atau kekuningan . Setelah itu dibelah menjadi dua bagian memanjang, kemudian diiris tipis atau dirajang dan dicuci dengan air mengalir hingga bersih dan direbus hingga layu sekitar 5-10 menit setelah air mendidih.

Jantung pisang dapat pula disiapkan dengan cara dibakar. Jantung pisang yang masih utuh dibakar hingga matang. Lalu kulit luarnya yang gosong dibuang hingga kebagian dalamnya yang tekstur lebih lembut dan berwarna putih kemerahan. Kemudian dibelah menjadi dua, diiris tipis dan bisa langsung diolah menjadi masakan.

Kesimpulannya , selain bermanfaat untuk kesehatan, jantung pisang merupakan jenis sayuran unik yang sebenarnya mudah diotak atik menjadi makanan yang cukup lezat dan eksklusif seperti lodeh, campuran pecel dan dipepes. Bahkan di Thailand dibuat sebagai campuran salad, acar dalam keadaan mentah dan sering dihidangkan bersama Pad Thai yaitu jenis mi goreng khas Thailand yang sangat lezat.

Ternyata jantung pisangpun dapat dipakai sebagai alternative pengganti daging yang mempunyai prospek baik bagi industry makanan utamanya skala rumah tangga. Hal ini bisa berdampak baik karena dapat meningkatkan pendapatan keluarga, seperti diolah menjadi dendeng , bakso dan abon.

Semoga artikel ini menjadikan inspirasi untuk membuat makanan alternatif pengganti daging atau sayuran. Selamat Mencoba.

 

 


Comments