PENGETAHUAN MENU MAKANAN

Daftar menu klasik


 COOKING CLASS SMP TAMAN DEWASA PRIGEN

BY : CHEFF GURU

Materi kita kali ini adalah tentang Pengetahuan menu makanan, yang saya ambil dari modul yang saya dapat dari balai latiah kerja (BLK) Singosari, yang di tulis oleh instruktur saya Bapak. H. Ichwan Syahroni. Modul ini sudah cukup lama waktu saya mengikuti pelatihan kerja perhotelan, yang saya anggap masih perlu untuk di baca untuk tambahan wawasan tentang pengetahuan menu makanan, materi ini juga saya tambah dengan pengetahuan yang saya dapat selam saya kerja di hotel di bagian Food & beverage Service. Selamat membaca.

Kata menu berasal dari bahasa Perancis  “Menute” yang berarti daftar makanan yang di sajikan kepada tamu. Dalam  lingkungan rumah tangga,  kata menu banyak diartikan sebagai susunan makanan yang akan dihidangkan oleh ibu rumah tangga pada hari itu.

Dalam buku “ The theory of Catering “ di sebutkan bahwa  A menu or bill of fore is a list of prepare dishes which are available to customer. Jadi dalam pengertian ini menu disamakan dengan  a bill of fore  atau daftar harga makanan. Dalam pengertian ini selanjutnya kata menu selalu akan dihubungkan dengan pengertian di atas untuk mendapat pengertian yang seragam.

Di dalam usaha dalam bidang makanan dan minuman, menu adalah daftar makanan  dan minuman yang disajikan kepada tamu sehingga tamu bebas untuk memilih sesuai dengan seleranya. Sebenarnya pengertian akan menu tidak hanya terbatas pada arti yang di jelaskan di atas, akan tetapi menu mempunyai arti dan sangkut paut yang sangat luas.

Menu juga merupakan pedoman yang baik bagi yang menyiapkan makanan (dapur), dan juga merupakan pedoman penuntun bagi yang akan memakannya. Karena mereka mempunyai gambaran tentang apa dan bagaimana makanan yang akan dipesannya.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa menu merupakan alat komunikasi antara bagian pengolah makanan ( dapur) dengan tamu yang akan memakannya (customer).

Dan akhirnya menu dapat diartikan menjadi  alat komunikasi  yang efektif antara dapur dengan tamu.


Buku tentang menu makanan

DAFTAR   MENU/MAKANAN

Hal yang penting yang perlu diperhatikan oleh pengusaha dibidang kuliner (restaurant, dalam memberikan kepuasan terhadap pelangan, dan tetap menjaga reputasi perusahaan itu adalah melengkapi  restaurant itu dengan daftar menu (makanan) yang baik.

Menu  dalam bahasa Perancis  atau bill of fare  (dalam bahasa Inggris) adalah daftar dari makanan yang tersedia untuk para langganan  di restaurant atau ruang makan.

Pada dasarnya ada dua kerangka dasar dari Menu (menu skeleton) :

1.                                                    Kerangka Klasik

2.                                                    Kerangka Modern

Kerangka Klasik terdiri dari :

Terdiri dari jenis hidangan :

  • Hors – d’oeuvre (makanan pembangkit selera)
  • Soup (SUP)
  • Fish (ikan-ikanan)
  • Entre ( makanan yang terdiri dari sayur-sayuran dan daging yang dimasak bersama)
  • Releve (makanan pokok)
  • Sheroet ( es dari sari/air buah-buahan)
  • Roast ( makanan yang dipanggang, misalnya jenis burung-burungan)
  • Vegetable ( sayur –sayuran)
  • Sweet (makanan penutup terdiri dari kue-kue)
  • Savories ( Jenis makanan ringan yang rasanya  kecut dan asin tidak manis)
  • Cheese (keju)
  • Dessert (makanan penutup terdiri dari buah-buahan)
  • Coffee (kopi)

Kerangka Menu Modern

Terdiri dari jenis hidangan :

  • Hors d’ouever (makanan pembangkit selera)
  • Soup (sup)
  • Fish (ikan-ikanan

Main course (Entrée)

Salads

Vegetable

  • Dessert/Sweet
  • Coffee

Pada kerangka menu modern ini biasanya makanan pokok itu disebut main course (entrée) dan langsung dilengkapi/ dihias dengan salad, umumnya hidangan yang terdiri dari bahan- bahan mentah, dan vegetable (sayur-sayuran ) umunya pada saat ini menu itu hanya terdiri dari 3 : 4 atau 5 course.

Contoh :

Menu terdiri dari tiga courses :

  • Hors – d’ ouever
  • Main course
  • Dessert/sweet

Menu terdiri dari empat course :

  • Hors- d’ ouever
  • Soup
  • Main course
  • Dessert/sweet

Menu yang terdiri dari lima course :

  • Hors – d’ ouever
  • Soup
  • Fish
  • Main course
  • Dessert/sweet

Type (jenis ) menu :

Pada dasarnya ada dua jenis :

  1. 1.   Table d’ hote menu : adalah menu yang mempunyai jenis hidangan (course) yang pasti dengan harga yang pasti.
  2. 2.   A’la carte menu : adalah menu yang pada tiap-tiap jenis hidangan mempunyai harga tersendiri dimana tamu bebas untuk memiihnya.

Dalam perkembangan kedua menu ini kita akan mengenal apa yang dinamakan :

  • 1.   Banquet menu   : Yaitu menu untuk pesta/ jamuan makan besar.
  • 2.   Breakfast menu : yaitu untuk makan pagi
  • 3.   Plat du jour        : yaitu menu untuk hari itu ( the dish of the day) dan biasanya adalah untuk main course.

Balance Sweetable Menu :

( Menyusun Menu)

Syarat-sarat dasar yang harus diperhatikan dalam menyesun menu :

(i)           Setiap jenis hidangan(course) harus mempunyai warna dan susunan (colour texture) yang berbeda.

(ii)         Setiap course harus berbeda cara memasaknya ( method of cooking).

(iii)     Menu harus mulai dari course yang ringan (light course) dan kemudian diikuti  dengan course yang agak berat 

       ( heavier course) dan kembali pada course yang ringan (light course)

Meskipun banyak ada kegiatan-kegiatan (function) dalam dunia perestoran, pada dasarnya kita hanya mempunyai dua jenis menu, yaitu :

  •         Table d’hote
  •          A’la carte menu

Istilah A’la carte menu  diterjemahkan dari as from the cord ( kartu). Dalam A’la carte ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan :

  1. 1.   Menunjukkan daftar maknan yang penuh berisi jenis hidangan yang disediakan oleh restoran.
  2. 2.   Setiap jenis hidangan akan mempunyai harga  tersendiri.
  3. Setiap jenis hidangan  akan disiapkan sesuai dengan  order (pesanan). Oleh karenanya waktu yang diperlukan  oleh           masing-masing hidangan harus diketahui.

  1. 4.   Para langganan bebas memilih sesuai dengan susunan jenis makanan yang terdapat dalam menu.
  2. 5.   Menu bisa berupa/ berbentuk buku atau kartu ( card)

  1. Course (jenis hidangan) yang terdapat pada A’la carte :
  2. 1.  Hors-d’ oeuvre (appetizer) : Makanan  pembangkit selera course ini biasanya terdiri dari makanan yang bersifat pedas keasinan (dishes of tanggy, salty nature ) dan  berfungsi menstimulasikan nafsu makan , juga istilah hors-d’oeuver ini mencakup semua jenis makanan penyerta yang menarik selera makanan seperti contoh : buah-buahan dan salads
  3. 2.  Soup (sup) : Pada dasarnya ada dua macam.

·         Soup bening ( clear soup or consumme)

·         Soup kental (tick soup). Dinamakan potage, creampursee 0r veloute

Sekarang sudah berkembang menjadi beratus-ratus macamnya.

  1. 3.  Fish (ikan –ikanan) : Banyak jenis ikan yang timbul dalam A’la carte menu. Cara memasaknya ada bermacam-macam seperti : poaching (direbus); frying ( digoreng); grilling(dipanggang) dan dengan ataupun tanpa bumbu (sauce).
  2. 4. Ikan mempunyai daging ( flesh) yang sangat lembut dan lunak yang muda dicerna dan membantu menstimulasikan pembangkit selera makanan untuk jenis hidangan  berikutnya yang lebih berat.
  3. 5.  Entrees (main course) : adalah makanan yang dibuat dari variasi dua macam bahan yaitu daging dan sayur – sayuran yang dimasak bersamaan. Entrees diistilahkan maknan yang sudah jadi (A’la made of quality). Tetapi pada dewasa ini Entrees di sebut juga main course yang terdiri dari daging-dagingan (steak).

  1. 6. Vegetable (sayur-sayuran) : Pada negeri tertentu misalnya Perancis, vegetable (sayur-sayuran) adalah merupakan hidangan  terpisah dan berdiri sendiri. Walaupun pada umumnya vegetable (sayur- sayuran) itu dihidangkan bersama-sama entrees/ main course dan tamu diperkenankan memilih sekehendak hatinya sesuai dengan jenis-jenis yang tertera pada menu.
  2. 7.   Dessert ( makanan penutup) : Makanan penutup ini biasanya terdiri dari kue-kue yang manis, Ice cream , buah-buah.
  3. 8.  Chees (keju) : cheese  ini  merupakan hidangan (course) yang terakhir dan biasanya terdiri dari bermacam-macam variasi yang berasal dari luar negeri. Dalam penyajiannya keju ini biasanya disertai dengan biscuit (roti), butter (mentega). Celery ( seledri), water crees (selada air).
  4. 9.   Coffee (kopi) :  Kopi juga biasanya dijadikan sebagai menu penutup.

Dalam menyusunan hidangan dari jenis-jenis makanan yang terdapat pada a’la carte pada dewasa ini ada beberapa syarat besar , bahwa hidangan pada saat ini terdiri dari  tidak lebih dari tiga, empat ataupun lima courses.

Disamping itu mempunyai warna, susunan dan cara memasak yang berbeda. Menu harus mulai dari course yang ringan dan diikuti oleh yang lebih berat dan kembali pada course yang ringan.

 

 


Comments